Pentingnya Membangun Alur dalam membuat Novel


Halo sobat KBB, apa kabar?

Senang sekali saya bisa bertukar informasi dengan sobat KBB, kali ini saya akan bercerita tentang bagaimana pentingnya membuat alur dalam penulisan novel.

Dalam sebuah penulisan novel, alur cerita memiliki peran penting dalam membuat runutan jalan cerita. Tanpa alur yang baik, niscaya pembaca tidak akan membaca buku kita sampai habis.

Sebuah novel yang baik biasanya mampu menyuguhkan alur yang baik, bahkan tidak jarang memiliki alur yang berakhir dengan sebuah kejutan. Beberapa novel memiliki sebuah kejutan hebat dalam penulisan novelnya, bahkan tidak jarang terdapat ending yang menggantung dan membuat penasaran para pembaca.

Sebenarnya apa yang membuat alur bisa menarik?

Ternyata dari hasil pengalaman kami dari Focuz The Writing School, alur yang menarik itu didapatkan dari sebuah konsistensi membangun sebuah cerita. Nah, kebanyakan dari kita, tidak membangun sebuah konsistensi dari alur, sehingga tidak jarang kita stuck atau berhenti terlalu dini dalam menulis novel.

Inilah yang menjadi perhatian penting bagi kita sebagai seorang penulis yang ingin menjadi penulis. Konsistensi sebuah alur sangat penting untuk diperhatikan, kita tidak bisa mengharapkan spontanitas alur akan sampai pada titik ending, karena biasanya spontanitas alur akan menimbulkan rasa ketidakpuasan mendalam ketika cerita sudah diselesaikan. Inilah yang membuat kebuntuan dari sebuah cerita.

Lantas bagaimana membuat konsistensi pada alur?

Membuat konsistensi pada alur dapat dilakukan dengan berbagai cara, di Focuz The Writing School. Kami membuat metode pembuatan kerangka untuk membuat sebuah novel. Metode kerangka ini adalah hasil eksplorasi kami untuk membuat sebuah karya yang utuh dan berkualitas.

Titik beratnya berpusat pada kemampuan membuat rancang novel sebelum akhirnya memulai novel. Dengan metode ini, kita bisa menghemat waktu menulis bila dibandingkan dengan menulis dengan metode alur spontan. Bila pada metode spontan waktu untuk menyelesaikan novel tidak terprediksi, maka dengan metode konsistensi pada alur, kita bisa memprediksi kapan waktu kita selesai menulis. Menarik bukan?

Maka untuk calon penulis novel yang baru akan memulai menulis novel, konsistensilah pada alur dan novel akan selesai digarap sesuai dengan yang kita harapkan.

Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam tentang alur, sobat KBB bisa mempelajarinya di Pelatihan Menulis kami, untuk lebih jelas infonya bisa dilihat di link ini:
http://www.facebook.com/home.php?#/event.php?eid=276300882332&ref=mf

Ssst ada penawaran spesial untuk yang daftar sebelum tanggal 20 Februari 2010, seperti apa penawarannya? Klik saja link ini:
http://www.facebook.com/home.php?#/event.php?eid=276300882332&ref=mf

Ok sekian dulu sharing informasi tentang dunia menulis novel….

Salam Inspirasi


Senda
Ketua Komunitas Baca Buku

0 komentar:

Posting Komentar