Resensi: Bikin kamu tergila-gila membaca



Make a Reading Habbit
Judul buku : Bikin kamu tergila – gila membaca
Penulis : Prembayun Miji Lestari
Penerbit : Book Magz , Kelompok Pro – U Media
Jenis buku : How to
Nilai : 3/5 ( versi KBB )

Halo sobat KBB,
Melalui media ini perkenankanlah saya sebagai salah satu anggota KBB ikut berpartisipasi menulis resensi buku. Mudah – mudahan bermanfaat. Pada kesempatan ini , ijinkanlah saya mengupas sedikit tentang kegiatan membaca.
Membaca berasal dari kata dasar baca yang berarti memahami arti tulisan. Membaca yang dalam bahasa Arab iqra’ dan bahasa Inggris reading , menjadi bagian penting dalam mencerdaskan manusia. Iqra’ berarti bacalah , telitilah , dalamilah , ketahuilah ciri – ciri sesuatu , bacalah alam , tanda – tanda zaman , sejarah , diri sendiri , yang tertulis dan tidak tertulis ( hlm. 21 ).
Jika begitu , apa yang sudah anda baca hari ini ? Bagi sebagian orang yang gemar membaca , bisa dengan mudah menjawab pertanyaan ini. Tapi bagi sebagian yang lain , yang jarang atau malah alergi dengan aktifitas bernama membaca , tentu akan kelimpungan mencari – cari jawaban.
Tahukah anda , berdasarkan laporan Bank Dunia No. 16369 – IND dan studi IEA ( International Association for the Evaluation of Education Achievement ) di Asia Timur menunjukkan tingkat terendah membaca anak – anak dipegang oleh negara Indonesia dengan skor 51,7. Sementara di atasnya ada Filipina ( 52,6 ) ; Thailand ( 65,1 ) ; Singapura ( 74,0 ) ; Hongkong ( 75,5 ). Kemampuan anak – anak Indonesia dalam menguasai bahan bacaan juga rendah ,hanya 30 persen ( hlm.29 ).
Merunut pada uraian di atas , kita dapat melihat bahwa minat baca di kalangan masyarakat kita , terutama anak – anak , masih tergolong rendah. Kondisi ini tentu tidak boleh dibiarkan. Lantas apa yang bisa kita lakukan menghadapi fenomena ini ? Tentu saja kita harus melakukan perubahan . Mulai dari diri sendiri , dari hal – hal kecil dan lingkungan yang dekat. Ya , kita harus jadi pecinta buku. Tapi bagaimana caranya ?
Buku ini secara ringkas mengajak kita mengenal , memahami , lalu melaksanakan apa yang disebut dengan kegiatan membaca. Dengan bahasa yang santai dan mudah dimengerti , buku ini layak dijadikan buku saku untuk kegiatan membaca selanjutnya. Buku ini juga memberikan strategi – strategi jitu dan praktis agar kita bisa menjadi ‘ gila ‘ baca. Jangan khawatir ,sebab di dalam buku ini ada halaman yang disediakan untuk testing , sebagai parameter apakah kita termasuk pribadi yang gemar membaca atau sebaliknya.
Buku ini sangat direkomendasikan untuk kita – kita yang masih alergi dengan kegiatan membaca. Akhirnya , selamat membaca dan sering – seringlah bertanya : apa yang sudah saya baca hari ini ?

0 komentar:

Posting Komentar